Sejarah, Visi, Misi, & Tujuan

Program Studi Ilmu Hukum (S1)


Sejarah

Dimulai pada awal tahun 1980 atas prakarsa beberapa purnawirawan Polri yang peduli terhadap pendidikan yang berdomisili di Bandung dan beberapa cendikiawan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) serta direstui oleh Kadapol VIII Langlangbuana Jabar (sekarang Polda Jabar) pada Tahun 1982, didirikanlah Universitas Langlanghuana. Secara formal Universitas Langlangbuana didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tri Bhakti (disingkat YPTB) dimana Kadapol VIII Langlangbuana Jabar duduk sebagai Pelindung.

Universitas Langlangbuana diselenggarakan melalui Izin Operasional dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III Jabar berdasarkan Surat Keputusan No. Skep/031/1982 Tanggal 14 April 1982 kepada YPTB. Kampus UNLA berlokasi di Jalan Karapitan No. 116 Bandung.

Pada tahun 1982, untuk pertama didirikan tiga fakultas, adalah: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Sejak berdiri, Fakultas Hukum telah mengalami delapan kali pengangkatan dekan, yaitu:

  1. Umar Srijadi, S.H.,
  2. Drs. Amir Ratman, S.H. M.Hum.,
  3. Antonia Intarti, S.H., M.Si.,
  4. Prof. Dr. Pontang Moerad B. M., S.H.,
  5. Dr. Atma Suganda, S.H., M.H.,
  6. Dr. H. Deny Haspada, S.H., Sp.1.,
  7. Dr. H. Kuntana Magnar, S.H., M.H.,
  8. Dr. Hj. Hernawati RAS, S.H., M.Si.
  9. Eni Dasuki Suhardini, S.H., M.H. (Pjs. 2023)

Visi

Menjadi program studi unggulan untuk menghasilkan penegak hukum profesional, inovatif dan berkarakter di tingkat nasional pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran secara profesional dan inovatif dalam bidang ilmu hukum;
  2. Melaksanakan penelitian berbasis penegakan hukum yang dapat menunjang pengembangan penegak hukum yang profesional dan inovatif di tingkat nasional;
  3. Mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara edukatif, konsisten dan terprogram dengan menekankan telaah dan kajian bidang ilmu hukum;
  4. Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal berbasis Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT);
  5. Menjalin kerjasama di tingkat nasional dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mengembangkan program studi dan sumber daya manusia (lulusan) yang profesional dan inovatif dalam bidang hukum sesuai dengan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan inovatif dalam menerapkan, mengembangkan penegakan hukum di tingkat nasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional dan inovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di tingkat nasional.
  3. Terlaksananya sistem penjaminan mutu internal sesuai Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT).
  4. Terjalinnya kemitraan di tingkat regional dan nasional dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mengembangkan program studi dan lulusan yang profesional dan inovatif dalam bidang hukum, sebagai pelaksanaan dan pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) yaitu tentang :
    • Kesiapan kerja lulusan (IKU 1)
    • Mahasiswa diluar kampus (IKU 2)
    • Kemitraan akademik (IKU 6)
    • Pembelajaran kelas (IKU 7) yaitu case method dan team base project.

Link youtube Profil FH Unla